Memantau Lalu Lintas Kota Palembang via Media Sosial “Twitter”

Sejak kehadiran akun twitter @RTMCPoldaSumsel, informasi tentang lalu lintas terutama Kota Palembang dengan mudah diketahui. Dari pantauan di hampir setiap perempatan lampu merah yang ramai dan rawan kemacetan pun langsung diinformasikan @RTMCPoldaSumsel kepada follower-nya yang berjumlah 920 followers (berdasarkan pengamatan profile-nya tanggal 19 Oktober 2011 Pukul 22:12 WIB).

Memantau linimassa @RTMCPoldaSumsel setiap hari dan secara berkala, hampir dapat diketahui di titik mana saja lalu lintas sedang ramai. Terutama pada jam-jam sibuk dan orang berangkat dan pulang kerja, perlu diketahui. Selain itu, @RTMCPoldaSumsel menambahi foto kondisi dan situasi lalu lintas. Sehingga kita, misalnya sebagai pengendara sepeda motor atau mobil, bisa menilai sendiri situasi lalu lintas tersebut.

Sejauh ini yang saya amati cukup bermanfaat. Sayangnya saya mengamati linimassa @RTMCPoldaSumsel pada saat tidak sedang mobile. Kalau orang yang memiliki mobilitas tinggi kesana-sini dalam kota, tentu ini sangat perlu. Kota Palembang kini hampir dijumpai di beberapa titik perempatan lalu lintas yang ramai sampai sangat ramai dan bikin kendaraan bermotor padat merayap.

Kalau sudah terjebak situasi lalu lintas yang padat merayap, mau bagaimana lagi? Pada jam sibuknya memang frekuensi kendaraan bermotor secara tiba-tiba ramai. Namun, di waktu tertentu relatif sepi dan lancar. Ini khususnya pada malam dini hari hingga waktu subuh. Hehe.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *