Barakallahu fii umrik Naurah

image
Mbak Naurah (2 tahun)

26 Oktober 2014 lalu, Mbak Naurah berusia genap 2 tahun. Syukur Alhamdulillah saya dan keluarga senang Mbak Naurah tidak terasa semakin bertumbuh besar.

Sudah cukup banyak yang bisa dilakukan Mbak Naurah seiring bertambah usianya. Salah satunya ia sudah bisa mengatakan keinginannya walaupun kata per katanya tidak lengkap. Contoh: Mbak Naurah minta diambilkan minum. Ia mengatakan,”Abi num”. Maksudnya, abi minta minum. “Abi ndong”. Abi minta gendong.

Usia beranjak 2 tahun memang masa dimana anak mulai belajar berbicara dan belajar memahami lawan bicaranya. Seperti contoh di atas, Mbak Naurah mulai mengerti cara menyampaikan keinginannya.

Terkadang saya kebingungan Mbak Naurah mengatakan sesuatu yang saya tidak pahami. Biasanya saya ke umminya, maksud Mbak Naurah ngomong begini-begitu.

Selain kita memahami apa yang dikatakan Mbak Naurah, kita juga sering mengajaknya ngobrol layaknya saling bercerita, curhat atau tukar pikiran begitu. Biasanya respon Mbak Naurah juga ikut bercerita meskipun seperti tadi, tidak semuanya yang disampaikan tepat. Ya namanya juga masih belajar ngga apa-apalah.

Ada hal yang membuat saya jadi tertawa adalah mendengar Mbak Naurah pernah memanggil umminya dengan panggilan nama (Lia, nama panggilan istri saya). “Lia..Lia..,”kata Mbak Naurah memanggil ummi suatu hari. Ditelusuri ternyata Mbak Naurah pernah mendengar neneknya memanggil umminya dengan panggilan namanya (Lia). Jadi wajar anak seusia Mbak Naurah mudah mendengar kemudian ditiru apa yang didengarnya tadi.

Di usia 2 tahun ini mudah-mudahan Mbak Naurah senantiasa selalu sehat, menjadi anak yang sholihah, berbakti kepada orangtuanya, berguna bagi keluarga, agama, umat, bangsa dan negara. Aamiin.

Please follow and like us:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *